Verification Google Site Begitu mulianya ilmu dan ulama' bagi kita #part2 (tanqiqul qoul) ~ shofi yanto's blog

Thursday, January 5, 2017

Begitu mulianya ilmu dan ulama' bagi kita #part2 (tanqiqul qoul)

Assalamu'alaikum wr,wb.
alhamdulillah, di jum'at pagi yang cerah dan insya allah penuh barokah ini, saya bisa memposting sambungan dari postingan sebelumnya      pada postingan kali ini saya akan mengupas 3 hadits tentang keutamaan ilmu dan ulama'.
وقال صلى الله عليه وسلم فقيه متورع أشد على الشيطان ممن ألف عابد مجتهد جاهل ورع
artinya : Seorang alim fiqih ( orang yang mengerti ilmu syari'at ) yang ahli wira'i ( Orang yang menjaga dirinya agat tidak makan haram ) itu lebih berat menundukkannya ( bahkan membawa kerugian yang besar ) bagi setan daripada 1000 ahli ibadah yang bersungguh-sungguh dalam ibadahnya dan wira'i pula tapi dia bodoh...
kenapa bisa begitu ? karena setiap setan yang berusaha menebar jerat kesesatan, membuka pintu reka daya, dan menjerumuskan manusia dalam kemelut duniawi,maka di saat itulah seorang alim, mengerti dan faham bahwa itu adalah tipu muslihat setan, maka dengan segera alim tersebut akan menggulung kembali jerat kesesatan dan menutup kembali pintu-pintu setan. dan yang didapat setan adalah kekecewaan yang mendalam, karena gagal menjerumuskan manusia.
berbeda dengan orang yang bodoh tapi ahli ibadah sekalipun dia wira'i, bahkan terkadang mereka malah menikmati dan tidak sadar, bahwa itu merupakan perangkap setan, dan tak jarang justru mereka menjadi pejuang setan, dengan tetap merasa sebagai pejuang agama Allah.

وقال صلى الله عليه وسلم فضل العالم على العابد كفضل القمر ليلة البدر على سائر الكواكب، وفى رواية للحارث بن أبى أسامة عن أبى سعيد الخذرى عنه صلى الله عليه وسلم فضل العالم على العابد كفضلى على أمتى
NAbi Muhammad SAW bersabda " Bandingan ke-Utamaan orang Alim dengan ahli Ibadah ( yang tidak Alim ) adalah seperti Sinar Rembulan ketika purnama di bandingkan dengan bintang-bintang............
bila kita melihat bulan dan bintang dari bumi, tentu saja sinar rembulan lebih terang di banding bintang, dan itulah perrbandingan keutamaan alim dan abid. sungguh mulia sekali seorang yang menguasai ilmu(alim).
dalam suatu riwayat dari Al-Harist bin Abi Usamah dari Abi Said Al-Hudriyyi dari Rosululloh SAW " Utamanya Seorang Alim dengan Seorang Abid/Ahli Ibadah itu seperti Keutamaanku di banding dengan keutamaan Ummatku.
bahkan rasulullah menyamakan keutamaan beliau dengan keutamaan seorang ulama'.
subhanallah..begitu utamanya ilmu dan pemiliknya (ulama) dalam islam, hal ini di karenakan karena ilmu adalah dasar dari ibadah, bagaimana ibadah kita diterima jika kita tidak tahu ilmunya. contoh simple kita mau melaksanakan sholat(ibadah), lantas bagaimana kita melaksanakan sholat, jika tidak tahu bagaimana cara sholat tersebut(ilmu).
semoga postingan kali ini bermanfaat, dan menjadi motivasi saya khususnya, dan teman-teman umumnya untuk selalu mencari ilmu dimanapun berada.
sekian, tunggu sambungan artikel ini di postingan selanjutnya
Wassalamu'alaikum wr,wb


No comments:

Post a Comment